Kurikulum Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Sejarah disusun berdasarkan relevansi dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, yang mendorong terbentuknya kompetensi lulusan sesuai dengan standar capaian pembelajaran yang dirumuskan Dikti. Sejalan dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, kurikulum S3 Pendidikan Sejarah disusun dengan mengacu pada level 9 Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada level tersebut, kurikulum diharapkan melahirkan lulusan yang menguasai Capaian Pembelajaran (CP) yang memuat unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus sesuai dengan KKNI program doktor yaitu mampu melakukan pendalaman dan perluasan IPTEKS melalui riset multi-transdisiplin dan menguasai filosofi keilmuan bidang pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pendidikan sejarah

No Mata Kuliah Bahan Kajian
1. Desain Penelitian Pendidikan Sejarah
a.    Arah penelitian pendidikan sejarah
b.    Metodologi penelitian pendidikan sejarah
c.    Desain penelitian pendidikan sejarah
2. Kajian Paradigma Pendidikan
a.    Kajian komparasi pendidikan sejarah di Indonesia
b.    Perumusan dan pengembangan pendidikan sejarah di Abad 21
3. Filsafat Sejarah dan Teori Pendidikan dalam Pembelajaran Sejarah
a.    Filsafat sejarah dan teori pendidikan untuk membangun identitas keilmuan pendidikan sejarah
b.    Kelemahan dan kelebihan teori sosial untuk eksplanasi sejarah
c.    Kajian filsafat dan teori pendidikan sejarah
4. Memori, Sejarah dan Pendidikan
a.    Analisis kesalingterkaitan antara kebudayaan dengan pendidikan sejarah
b.    Kajian orientalisme, oksidentalisme, dan autonomous history dalam pendidikan sejarah
c.    Pemikiran tokoh pendidikan sejarah Barat dan Indonesia
5. Multikulturalisme, Nasionalisme, dan Globalisme
a.      Teori dan historiografi pembentukan identitas sosial budaya etnik dan keterkaitannya dengan bangsa di era globalisasi
b.      Kontestasi antara identitas etnik, nation, dan cosmopolitan
6. Penulisan Akademik untuk Jurnal
a.      Budaya dan etika dalam penulisan naskah akademik
b.      Rasionalitas diskursif dan kerangka logika dalam penulisan naskah akademik
c.      Penguatan keahlian teknis dan penggunaan perangkat pendukung penulisan naskah akademik
7. Digitalisasi Pendidikan Sejarah
a.      Penggunaan teknologi dalam pendidikan dan pembelajaran sejarah
b.      Digitalisasi dan visualisasi untuk pendidikan dan pembelajaran sejarah
8. Historiografi Pendidikan Sejarah
a.      Pendekatan historical didactic dalam pembelajaran sejarah
b.      Penulisan sejarah untuk kepentingan pendidikan
9. Sejarah Publik untuk Pendidikan
a.    Sejarah publik dan popularisasi pendidikan sejarah
b.    Sejarah publik sebagai edukasi dan konstruksi sosial masyarakat
10. Disertasi
a.      Teknik melakukan penelitian
b.      Penulisan laporan Penelitian
c.      Publikasi hasil Penelitian